Peran Mahasiswa untuk Memupuk Nilai-nilai Religius Masyarakat menuju SDM yang Maju, Beradab dan Berakhlak Melalui Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Tahun Akademik 2023/2024

Dok. Foto Bersama Tim Pelaksana & Pemateri

Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quraniyah tahun akademik 2023/2024, pada hari Selasa tanggal 28 November 2023 bertempat di Aula PP Yayasan Affan Al Quraniyah. Kegiatan yang dilakukan ini dihadiri oleh Struktural, Dosen STIT Al Quraniyah, dosen pembimbing lapangan yang akan mendamping mahasiswa 2 bulan di lapangan, dan merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, sebanyak 72 mahasiswa akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) tahun 2023 ini. Mahasiswa yang akan menjalani kukerta terdiri dari dari 3 prodi, diantaranya Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) berjumlah 36 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)/(PGSD) sebanyak 24 orang, serta dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yaitu 12 orang. Lokasi  Kuliah Kerja Nyata pada tahun ini ditempatkan di Tujuh Desa Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma yaitu Desa Muara Timput, Talang Beringin, Rimbo Besak, Genting Juar, Padang Kelapo, Ujung Padang dan Desa Pematang Riding yang disampaikan oleh Bapak Riolandi Akbar, M.Kom sebagai Ketua P3M STIT Al Quraniyah juga sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Kukerta tahun 2023 ini.

    

 

 

 

 

 

 

 

Dok. Foto Bersama Struktural, Dosen & Mahasiswa

Kegiatan kukerta atau Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan berlangsung dimulai hari Kamis tanggal 30 November 2023 hingga 30 Januari 2024 sehingga selama menjalankan tugas, para mahasiswa akan tinggal di sekretariat yang telah ditentukan desa masing-masing kelompok. Sambutan dan penyampaiannya oleh Ketua STIT Al Quraniyah Dr. Rizki Ramadhani kepada Mahasiswa, Mahasiswa harus berperan Aktif dan dapat memberikan Solusi Permasalahan yang ada pada Masyarakat. “Sebaik-baik manusia yang paling banyak memberikan manfaat kepada manusia yang lain. Kegiatan KKN ini termasuk bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi tentang pengabdian kepada masyarakat. Saya juga berharap kegiatan kkn ini dapat mengenalkan STIT Al Quraniyah  ke seluruh masyarakat” ujarnya. Pembekalan KKN ini mengundang pemateri dari BNN kabupaten bengkulu selatan yang dihadiri oleh dr. Edwinata Yulianda membahas tentang Narkotika, bahwa Peran Mahasiswa sebagai pelopor pencegahan penyalahgunaan narkotika untuk menciptakan dan menuju masyarakat yang maju, beradab dan berakhlak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.